Uncategorized

Penemuan Batu Ganesha dan Orang Kerdil di Desa Sukamulih, Objek Wisata Batu Mahpar

Batu Ganesha dan manusia Kerdil ditemukan di Objek Wisata Batu Mahpar Desa Sukamulih, Kecamatan Sariwangi, Kabupaten Tasikmalaya. (picture by : Irpan/Ayotasik.com)

TASIKMALAYA – Penemuan Batu Ganesha dan manusia Kerdil sempat mengagetkan warga terutama wisatawan Batu Mahpar, Desa Sukamulih, Kecamatan Sariwangi, Kabupaten Tasikmalaya. Diduga batu tersebut peninggalan masa Kerajaan Galunggung. Totong Muhammad sebagai pihak pengelola mengatakan, penemuan batu itu terjadi pada minggu (09/02) oleh wisatawan. Wisatawan melihat batu berbentuk unik menonjol diatas permukaan tanah. Penemuan itu pun langsung dilaporkan kepada pihak pengelola.

Menanggapi laporan tersebut, pihak pengelola melakukan penyusuran dan penggalian tanah. Setelah dilakukan, sekitar 23 buah batu berlainan bentuk ditemukan. “Ditemukan kemarin hari minggu, kita juga tidak tahu batu itu asalnya dari mana.” Papar Totong melalui telpon, Selasa (11/02).

Totong menambahkan, penemuan batu berbagai bentuk itu berada dipinggir parit Galunggung. Pihaknya memberi garis batas dengan tali agar batu berbagai bentuk itu tidak rusak atau dijamah oleh pengunjung.

“Belum ada dari manapun yang datang kesini termasuk arkeolog.” paparnya.

Lokasi sekitar Batu Mahpar dan situs Makam Walahir merupakan pusat keilmuan pada masa Kabuyutan Galunggung. Berbagai pusat ilmu pengetahuan, keagamaan, politik, dan sosial budaya berada di kabuyutan.

Pengembang : Fazar Diruswan

Comment here